Tuesday, September 2, 2014

Perkembangan Show Trainee Gen 3, Agustus 2014

Di bulan agustus ini saya sempet nonton 3 show trainee, 1 x team merah, 2 x team putih.

Sebelum liburan puasa lebaran, saya sempat bercerita tentang penampilan team merah yg lebih rapih dan secara umum lebih bagus dari pemapilan team putih, setelah lebaran ini, saya melihat penampilan team putih jadi lebih menyenangkan daripada team merah, sampai saya memutuskan untuk nonton tream putih satu kali lagi untuk memastikan bahwa mereka benar2 meningkat pesat, bukan gairah sesaat aja. Berikut catatan pengamatan saya tentang show dan perkembangan member2 trainee gen 3 JKT48 :)

The Show
Team Merah, 2014-08-08
Secara umum performance masih sebaik sebelum lebaran, ada peningkatan dan ada sedikit penurunan (mungkin bukan penurunan, hanya fluktuasi saja :) )

Unit Songs
Tenshi no Shippo
Member: Grace-chan, Shania Gracia, Feni (fenny?)
Grace-chan sangat terlalu lembek dalam membawakan lagu ini, sebagai center dia terlihat seperti agak malas dan lembam membawakan lagu yg bertema genit dan ceria ini.

Kebalikannya, Feny terasa berlebihan membawakan unit ini, sejujurnya keluwesan gerakan Feny sangat baik, tapi sayang dia melakukan gerakan2nya secara berlebihan, ekspresi wajahnya pun demikian sehingga terkesan overacting.

Shania Gracia belum sempurna, masih sedikit kurang enerjik, tapi overall dia adalah member yg paling menyenangkan dilihat di lagu ini, paling mendekati feel lagu ini. Pada saat baru masuk balon yg dipegang Gracia terlelpas dari batangnya sehingga dia hanya memegang batang pegangan balin, tanpa balonnya. Ekspresi wajah dia nyengir2 kocak :D


Pajama Drive
Member: Elaine, anin , Farina
Seperti pertama kali saya nonton, Elaine sangat menonjol dibanding rekan2nya di unit ini. Satu kelemahan Elaine yg semakin saya rasakan adalah: ketika dia perform dia terasa detached, tidak konek baik dengan penonton maupun dengan sesama rekannya di panggung. Ga separah Cindy Yuvia, tapi rada mirip symptom-nya. Wajah elaine tersenyum manis, dan sangat baik kalau untuk di foto, tapi untuk sebuah tontonan live, terasa menyendiri dan tidak terhubung secara emosi.

Anin cukup baik, gerakannya ga setegas Elaine dan enerjinya masih sedikit kurang untuk unit yg seharusnya enerjik ini, tapi dia terasa dia bisa mengimbangi elaine dan mengkomplemen unit ini dengan ekspresi wajahnya yg menyenangkan,

Farina terasa sangat tertinggal level enerjinya dibanding kedua rekannya, gerakan yg dia lakukan seperti tidak didorong oleh suatu keinginan, melainkan hanya bergerak sesesuai gerakan yg tercantum di step sheet-nya saja.

Untuk unit ini, Anin yg terbaik menurut gw, meskipun dance-nya ga serapih elaine, tapi koneksi emosi dengan penonton lebih terbentuk sehingga gw yg nonton pun merasa lebih hangat lihat dia

Junjou Shugi
Member: Manda, Tria Rona, .....
Manda cukup baik, tapi serius, Tria Rona mendominasi unit ini, gerakan dance-nya luar biasa baik dari ekspresi, kelenturan, emosi yg terpancar dari dalam gerakannya, simply breathtaking. Yang nari satu lagi bahkan saya sampai tidak sempet memperhatikan, maaf ._.

Temo Demo no Namida
Member: Milen, Shani
Performance kedua member ini cukup baik, sangat baik untuk ukuran trainee yg baru beberapa minggu membawakan unit ini. Baik dari ekspresi wajah, akurasi timing, enerji.

Performance Milen dan Shani yg sangat baik ini bikin saya penasaran dengan tingkat performance Andela, karena seingat saya, level performance Andela di unit song ini lebih bagus dari Milen dan Shani. Dan itu kemudian terjawab ketika saya nonton show team putih beberapa hari setelah show team merah ini :D

Kagami no Naka no Jean D'arc
Member: cesen, chikita, aurel, desy, sofia
Cesen sebagia center masih lebih lemah daripada chikita, desy, bahkan sofia, baik dari segi gerakan maupun ekspresi wajah, sehingga overall performance unit ini jadi terasa kurang bertenaga.

Desy dan Chikita tampil prima dengan enerji dan akurasi gerakan yg cukup baik. Sofia... lembut di lagui lain, tapi di lagu ini dia tampil garang, meskipun enerjinya ga sekeras desy dan chikita, tapi ekspresi wajahnya garang.

Group Songs
Di group songs, beberapa member cukup menarik perhatian saya.
Elaine, meskipun gerakannya cepat dan cukup akurat timingnya, elaine melakukan gerakan seperti tanpa emosi. Di lagu inochi no tsukaimichi, ada koreo di mana member2 menjulurkan tangannya lalu menariknya kembali, itu sebetulnya membentuk gerakan seolah2 merenggut penonton dan menariknya ke panggung, elaine bener2 hanya menjulurkan tangan lalu menariknya  kembali, seperti anak2 main cang kacang panjang aja :D

Triarona... hehehe no comment deh, mbak ini buas banget dance-nya, dia ga kompromi semua lagu dihajar dengan full enerji dan full emosi oleh dia. Ampun, mbak... kapan2 joget di unit bareng omi2, noella, natalia, sendy, kayanya asik, mbak :D

Grace-Chan, di unit song dia terlihat lemah sekali, tapi di group songs, permainan ekspresi dia cukup bisa merenggut nafas yg melihat dia untuk beberapa saat :)

Feni..... STOP TRYING TOO HARD. secara gerakan sebetulnya dia cukup bagus, detail2 gerakannya lebih bagus dari sebagian besar member2 se-teamnya, sayangnya dia terlalu berlebihan dalam mengeksekusi hampir semua gerakannya dan ekspresinya sampai level mengganggu. Dan plis, stop kembungin pipi. Kembungin pipi memang jadi senjata maut bagi beberapa member, tapi ga semua member cocok melakukan itu (Yupi salah satu yg ga cocok)



Team Putih, 2014-08-14, 2014-08-20
Unit Songs
Tenshi no Shippo
Member: Syahfira Angela (einjel si bawel), Nina Hamidah, Zebi Fawaz
Angel tetap tampil dengan sangat baik, dengan perimbangan antara senyum empuk agak genit agak manja dan gerakan dance yg cukup baik.

Zebi sudah jauh lebih bagus sekarang, dia seperti sudah menemukan "cantik dari dalam" dirinya sendiri, sekarang gerakan dan ekspresi wajah dia jauh lebih terkendali, jauh lebih bagus dan enak dilihat dan jauh lebih terdefinisi emosi yg diekspresikannya :) Nice, Zeb :)

Nina, sebelum ini  dance dia juga sudah  baik, tapi sebelumnya ekspresi wajah dia terlihat tegang dan gerakannya agak kaku seperti menghapal , kali ini dia sudah JAUUUH lebi baik, senyum dia hangat seperti benar2 terpancar dari rasa senang dalam hati, ekspresi wajah dia jauh lebih nyaman, nyengir2 dia membuat performance dia jauh lebih hidup.

Saya bingung siapa yg paling baik di unit ini, ketiga member yg perform di unit ini hampir benar2 menyatu memberikan suatu orkestrasi gerakan dan ekspresi wajah yg menyenangkan.

Zebi memang masih terasa sedikit di bawah Angel dan Nina, tapi dia pun sangat menyenangkan dilihat. Antara Nina dan Angel saya bingung, dua2nya luar biasa :)

Farina mungkin paling lemah di show ini, bukan karena dia jelek per se, tapi karena dia sama sekali tidak berusaha untuk perform, hanya menjalankan gerakan2 yg ada di step sheet sepanjang show, tanpa ekspresi, tanpa emosi, tanpa gairah dalam gerakannya.


Pajama Drive
Member: Michelle (lele polkadot), Kezia , Farina
Farina di show tanggal 20 agustus secara tidak terduga tampil bagus, gerakan2 dia tidak lagi tanpa ekspresi dan gairah, sekarang gerakan2 dia sudah seperti didorong oleh perasaan dalam hati :)

Michelle, kemampuan dancenya juga sudah jauh membaik. Dia masih suka konyol dan kadang masih suka salaah2, tapi udah jauh lebih baik. Dan saya SUKA BANGET sama ekspresi dia pada saat membawakan unit song ini. Angkuh, jutek, in control... la principessa!!! well, a bratty snob principessa :3

Kezia.... cukup baik, tapi dia sering terlihat ragu2 dan kurang percaya diri dalam eksekusi gerakannya, jadi hasilnya ga optimal. Padahal kezia ini sepertinya punya potensi untuk tampil ganas kalau dia bisa melepas kekangan keraguan dan kurang percaya dirinya.

Junjou Shugi
Member: Alycia, Feryana, Nadhifa Salsabilah, Septi(?)
Begitu Show mulai, Alycia langsung menghajar keras, tadinya saya berpikir bahwa ini akan menjadi Cia showcase lagi tapi kemudian para backdancer masuk, dan ada Triarona!!!!

Dari dulu saya sudah penasaran ingin lihat perbandingan langsung performance Cia dan Tya sebagai dance machine dari masing2 team, dan malam itu saya akhirnya berkesempatan melihatnya.

Cia tampil dengan penuh semangat dan gerakan yg sangat ekspresif penuh dengan ledakan emosi....
Tapi ternyata Tya masih di atas Cia level dance-nya, gerakan2 Tya enerjik, powerful, lentur, dan tetap akurat, ekspresi emosi yg terkandung dalam gerakan dan mimik wajah Tya bener2 terasa liar, buas, rasa respek tumbuh setiap kali melihat Tya dance, respek seperti saat kita melihat seekor harimau berjalan dengan penuh percaya diri di dekat kita.

Nadse sebelum puasa terasa tenggelam oleh Cya, tapi kali ini tidak. Dance dia memang tidak sedahsyat Cia, apalagi Tya, bahkan sebetulnya dance nadse masih agak lemah, tapi malam ini dia mengkompensasi kekurangannya di dance dengan permainan ekspresi mimik wajah yg luar biasa!! :3

Septi.... uhm.. maaf, ga sempat melihat :3


Temo Demo no Namida
Member: Andela,Rizka Khalila
Ok, Andela itu performmnya keren.. BANGET

Tapi kerjasama Yukka dan Andela menjadikan show unit ini jadi jauh lebih keren daripada sekedar performance Andela plus Yukka!!!!

Sinkronisasi timing, tenaga, dan ekspresi emosi antara Andela dan Yukka simply luar biasa...


Kagami no Naka no Jean D'arc
Member: Sisca, Chikita, Indah, Desy, Angi

Unit yg sangat memuaskan performance-nya, semua tampil dengan enerjik dan ekspresi wajah yang garang. Anggi terasa agak lemah dibanding rekan2nya.


Group Songs

Andela luar biasa, postur, enerji, gerakan, ekspresi wajah... luar biasa. She's heroic.

Cia dancenya keren, enerji level berlebihan tapi akurasi timing dan bentuk gerakannya tetap sangat baik!

Septi(?) dance-nya keren juga ternyata, tapi ekspresi wajah dia yg cenderung rada kocak bikin dia kurang berkesan di unit Junjou shugi, di group songs, dia oke banget.

Sisca dance-nya enerjik, tapi ekspresi wajahnya sering kaya pengen nyengir2 atau pengen ketawa, bikin dia agak kurang gigit, terutama di lagu2 serius seperti inochi no tsukaimichi dan suifu wa arashi ni yume wo miru.

Angela bikin happy senyumnya, and that's what being entertainer all about, right ? making people happy... Performance dia cukup, rapih, bagus, tapi ga sampai luar biasa. Tapi senyumnya itu jadi nilai plus banget.

Kezia... duh, jadi pengen nyemangatin kezia untuk lebih berani melepas dirinya ketika perform :)


Ok, segitu dulu sedikit catatatn tentang performance team merah dan team putih gen 3 JKT48 bulan agustus lalu, nanti saya mungkin juga akan menulis tentang perkembangan per membernya :)